17 Ide Souvenir Kantor Eksklusif Untuk Media Promosi Yang Efektif

Bingung pilih souvenir kantor untuk kebutuhan promosi ? yuk temukan jenis souvenir yang cocok dengan brand perusahaan anda dan mampu menjangkau pelanggan lebih luas, berikut ini!

Ide Souvenir Kantor Eksklusif

Souvenir kantor adalah barang atau item produk yang umum digunakan perusahaan dalam sebuah acara, seperti tumbler, id card, buku agenda, pouch bag, tas kantor hingga peralatan kantor lainnya. Biasanya souvenir kantor diberikan untuk para klien bisnis, karyawan dan calon pelanggan sebagai tanda mata juga penghargaan terimakasih agar strategi branding melalui souvenir promosi semakin menarik.

Souvenir juga biasa diberikan pada bebagai event kantor seperti:

  1. Ulang Tahun Perusahaan
  2. Launching Product/Layanan
  3. Konferensi Workshop
  4. Acara Seminar
  5. Acara Rapat Tahunan
  6. Pelatihan Karyawan Onboarding Kit
  7. Event Gathering Kantor
  8. Hari Besar & Akhir Tahun
  9. Perayaan Kesukesesan Proyek
  10. Event Perusahaan Lainnya

17 Souvenir Kantor Eksklusif & Unik Yang Recomended

Media promosi melalui merchandise dan souvenir acara kantor eksklusif membutuhkan pertimbangan matang, supaya sesuai dengan citra brand perusahaan dan memberikan kesan positif terhadap pelanggan, klien bisnis, karyawan hingga staff internal. Berikut ide souvenir kantor eksklusif yang Haiki rekomendasikan untuk membuat pemasaran bisnis berkembang

1. Sampul Kuit Buku Agenda

souvenir binder kulit untuk promosi di event kantor
Souvenir sampul kulit binder cocok digunakan untuk perlengkapan acara kantor rapat, seminar dan presentrasi klien

Souvenir buku agenda termasuk perlengkapan kantor yang umum digunakan untuk acara rapat, seminar kit dan workshop. Pastinya menjadi salah satu produk favorit yang digunakan kantor sebagai media promosi. Karena bisa dicetak dengan ukiran logo perusahaan serta tulisan gambar sesuai desain custom.

Buku agenda dengan sampul/cover kulit asli menambah kesan tampilan yang mewah. Selain itu bahan kulit asli memiliki keunggulan pada keawetan tahan lama sehingga cocok melindungi buku agenda untuk waktu yang lama.

Jika anda memilih buku agenda kulit sebagai souvenir kantor, menandakan anda peduli lingkungan. Karena mengurangi limbah plastik dan apabila sampul kulit binder tidak digunakan bisa didaur ulang dengan baik. Oleh karena itu souvenir buku agenda ini kerap digunakan merchandise event perusahaan yang disukai peserta.

Selain bahan kulit anda bisa juga memilih buku agenda bahan plastik, kanvas atau kain yang memiliki harga lebih murah. Ingatlah untuk memilih sampul yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan gaya pribadi. Selain itu, pastikan juga bahwa sampul tersebut cukup kuat dan tahan lama untuk melindungi buku agenda Anda dari kerusakan sehari-hari.

2. Tas Laptop

Contoh souvenir kantor unik lainnya yaitu tas laptop berbahan kulit asli. Produk tas laptop termasuk barang perlengkapan kantor yang bisa menjadi hadiah dengan cetak desain logo custom untuk promosi perusahaan. Bahkan menambahkan tulisan slogan yang inspiratif akan terlihat menarik sebagai souvenir promosi perusahaan.

Pilihan tas laptop dengan desain khusus akan mempermudah membawa laptop, dokumen, alat tulis, dan perlengkapan kantor dengan rapih. Selain itu laptop akan aman dan mempermudah pekerjaan administratif kantor, pengolahan data dan menyimpan file perusahaan. Tentunya dengan bahan kulit asli tas akan melindungi laptop dan isi barang dari goresan benda lain. Pastikan juga tas laptop untuk hadiah merchandise karyawan kantor ringan agar nyaman ketika dibawa.

3. Tas Kantor Wanita & Pria

Souvenir tas kantor untuk wanita dan pria bisa menjadi hadiah bermanfaat untuk para karyawan dan pekerja di perusahaan. Cocok untuk souvenir eksklusif dengan desain unik pada setiap kategori tas wanita dan pria yang bisa disesuaikan dengan visi perusahaan.

Apalagi memilih tas kantor bahan kulit akan mendukung fashion karyawan pria dan wanita di perusahaan. Hal tersebut membuat karyawan percaya diri dan semangat ketika bertemu klient, sehingga barang promosi tas kantor yang digunakan akan dikenali oleh customer anda.

4. Gantungan Kunci/Keychain

gantungan kunci kulit ide merchandise perusahaan
gantungan kunci kulit cocok untuk souvenir yang bermanfaat dan hemat anggaran kantor

Gantungan kunci menjadi souvenir yang bisa menjangkau merek perusahaan dengan budget yang hemat. Harga pembuatan gantungan kunci terbilang murah ketimbang jenis produk souvenir kantor lainnya. Bahkan keychain yang termasuk produk aksesoris ini bisa dicetak nama logo brand perusahaan untuk membuat penerima souvenir mengingat siapa pemberinya.

Pilihan gantungan kunci kulit akan menambah tampilan dan kesan elegan sebagai
merchandise kantor yang unik dan bermanfaat. Apalagi ketika digunakan sebagai gantungan kunci kendaraan, rumah, tas dan lainnya akan meningkatkan
brand awareness di berbagai tempat.

5. Pouch Bag Kulit

souvenir pouch kulit untuk promosi kantor
tas pouch kulit menjadi souvenir yang mencerminkan citra perusahaan, pastinya pelanggan puas dan berkesan

Pouch bag kulit menjadi souvenir kantor sekaligus merchandise unik yang memiliki tampilan elegan dan eksklusif. Walaupun pouch bag termasuk tas minimalis namun menjadi souvenir yang bermanfaat karena sebagai tempat membawa barang pribadi dengan nyaman seperti aksesoris, makeup dan uang. Pilihan pouch bahan kulit asli, akan memastikan perlindungan ekstra pada barang bawaan, karena kokoh dan tidak mudah sobek.

Souvenir pouch bag kulit juga efektif sebagai alat meningkatkan branding di mata pelanggan dan mitra bisnis, apalagi bisa digunakan untuk waktu yang lama jika terbuat dari kulit asli. Desain logo dan emboss yang unik mencerminkan visi perusahaan melalui tas pouch kulit minimalis akan memberikan daya tarik tersendiri. Jangan lupa menambah kemasan custom agar hadiah pouch bag kulit tampak elegan sebagai merchandise perusahaan eksklusif.

6. Clutch Bag Kulit

Tas clutch kulit souvenir kantor eksklusif media branding perusahaan

Memilih tas clutch kulit sebagai souvenir kantor bisa dijadikan hadiah untuk nasabah prioritas, karyawan berprestasi, investor dan pemegang saham. Clutch bag kulit memiliki desain yang elegan dan termasuk dari merchandise kekinian sehingga cocok untuk hadiah perusahaan mewah juga berkelas.

Bahan kulit asli memberikan nilai estetika yang unik pada clutch bag sehigga membuat terkesan penerima souvenir. Anda bisa memesan souvenir clutch kulit dengan model custom agar lebih stylish dan mendukung promosi branding untuk memperkuat hubungan bisnis.

7. Tempat Id Card Kulit

id card holder kulit merchandise kantor bisnis

Id Card merupakaan perlengkapan kantor yang cocok untuk souvenir kantor dan merchandise perusaahan sebagai alat yang berguna untuk identitas diri. Memberikan Souvenir id card holder kulit mampu membentuk hubungan yang akrab antara perusahaan dan karyawan. Tidak hanya sebatas hadiah perusahaan saja namun juga sebagai bentuk perhatian dari perusahaan dengan apresiasi tinggi agar karyawan termotivasi dalam bekerja.

Tempat id card kulit juga membuat citra professional perusahaan kepada pelanggan dan mitra bisnis semakin menonjol. Karena dengan menggunakan bahan kulit asli karyawan akan terlihat rapi dan elegan ketika berinteraksi dengan konsumen.

Apalagi jika anda mendesain id card holder kulit custom seperti memberikan case tambahan untuk penyimpanan id card, uang dan kartu debit. Selain menjaga id card tetap aman dari kotoran, juga tidak ketinggalan memberikan logo emboss perusahaan dibagian tali id card agar promosi perusahaan semakin luas menjangkau customer baru.

8. Tumbler

tumbler souvenir promosi kantor

Tumbler merupakan salah satu souvenir kantor yang populer digunakan perusahaan untuk barang promosi. Karena fungsional dan mudah dibawa berkativitas untuk tempat air minum dingin, panas, teh kopi dan sebagainya. Pilihan model desain yang mudah diberikan logo emboss perusahaan supaya promosi anda mudah terjangkau oleh orang banyak. Selain itu bahan tumbler aluminium akan lebih awet ketimbang plastik dan tetunya menjadi souvenir ramah lingkungan.

9. Payung Promosi

payung promosi souvenir kantor

Payung promosi kantor merupakan souvenir yang kerap digunakan perusahaan untuk alat branding karena memiliki area cukup besar untuk cetak logo dan tulisan. Hal tersebut akan mempermudah orang banyak melihat logo perusahaan kemudian mengingat brand promosi anda.

Secara umum payung memiliki kualitas berbeda tergantung dari jenis bahan yang digunakan. Jenis payung umum untuk souvenir kantor seperti payung lipat, payung standard, payung botol dan payung golf. Kualitas payung golf memiliki kualitas baik ketimbang lainnya, dan cocok untuk membuat model desain custom agar menarik pelanggan sebagai merchandise promosi. Perhatikan logo yang dicetak agar mudah terekspos oleh banyak orang agar pesan perusahaan tersampaikan.

10. Mug/Cangkir

mug souvenir perusahaan eksklusif

Mug cangkir dengan emboss logo perusahaan akan menjadi souvenir kantor unik dan disukai banyak orang. Karena menjadi barang yang digunakan untuk minum di aktivitas keseharian. Pilihan bahan mug yang awet bisa menggunakan aluminium dan plastik, namun akan lebih elegan jika menggunakan mug keramik. Souvenir mug kramik ini menjadi merchandise eksklusif dengan kemasan menarik yang akan membuat pelanggan merasa istimewa. Saran untuk membuat mug menjadi souvenir eksklusif perusahaan, bisa memberikan dengan sepasang mug dan gunakan desain unik agar menjadi hadiah yang tak terlupakan.

11. Pakaian/Apparel

apparel merchandise perusahaan eksklusif
souvenir merchandise perusahaan dan kantor yang bermanfaat untuk pelanggan dengan set apparel kaos, topi dan jaket

Apparel bisa dijadikan souvenir kantor yang cukup fleksible dengan media desain yang cukup luas untuk cetak desain logo emboss brand perusahaan. Kaos, kemeja, syal, topi dan jaket adalah beberapa pakaian dan aksesoris yang kerap digunakan untuk merchandise perusahaan.

Beberapa jenis pakaian tersebut dapat menigkatkan kesan positif kepada pelanggan perusahaan, karena menjadi barang yang bermanfaat dan fungsional. Selama mereka menggunakan branding perusahaan akan terus berjalan dan menjangkau banyak orang yang mengekspose promosi anda.

Tentunya  Souvenir yang menarik dan berguna dapat membantu menciptakan hubungan baik yang langgeng antara perusahaan dan penerima souvenir, bahkan menjadi customer loyal yang terus bermitra bisnis dengan anda.

12.Kalender

kalender souvenir populer promosi kantor

Kalender merupakan souvenir kantor yang tepat untuk penggunaan sehari-hari. Karyawan dan pelanggan akan sering melihat kalender sebagai penanda waktu atau event tertentu. Selain menjadi ide merchandise yang bermanfaat kalender juga bisa dipilih sesuai model dan desain.

Jika ingin digunakan sebagai media promosi perusahaan jenis kalender meja, kalender dinding dan kalender digital cukup berkesan untuk membuat citra perusahaan naik. Anda bisa mencetak logo perusahaan serta pesan tulisan di bagian kontak kalender.

13. Pulpen Souvenir

pulpen souvenir eksklusfi kantor dan perusahaan

Souvenir pulpen untuk media promosi kantor bisa dirancang khusus menyesuaikan kebutuhan perusahaan. Melalui cetak logo emboss perusahaan di bagian badan pulpen, akan mudah terekspos oleh pengguna, tentunya hal ini akan meningkatkan kesadaran merk perusahaan dan memperluas jangkauan pemasaran.

Selain kalender, pulpen promosi juga menjadi perlengkapan kantor yang umum digunakan untuk acara rapat dan seminar. Tentunya menjadi souvenir bermanfaat jika dijadikan hadiah untuk karyawan berprestasi. Anda bisa memilih jenis pulpen aluminium yang awet dan memiliki desain elegan, jika diperuntukkan sebagai souvenir kantor eksklusif khusus untuk investor maupun pemegang saham.

14. Pointer Laser

pointer laser souvenir perusahaan

Dalam sebuah perusahaan biasa diadakan presentasi untuk internal maupun terhadap klien bisnis. Selain pulpen dan alat tulis, souvenir pointer laser menjadi salah satu merchandise yang tepat diberikan pada event rapat perusahaan tersebut.

Karena bermanfaat secara langsung ketika presentasi dilaksanakan maupun untuk memudahkan pekerjaan. Anda bisa menjadikan pointer laser sebagai alat promosi dengan membuat tulisan branding perusahaan dikotak kemasan agar mudah terlihat dan cocok sebagai souvenir era digital kekinian.

15. USB Flash Drive

Salah satu peralatan kantor yang digunakan sehari-hari untuk menunjang pekerjaan yaitu usb flsh drive/flashdisk. Meskipun banyak pekerjaan sekarang dilakukan di cloud, USB flash drive masih sangat berguna untuk penyimpanan dan transfer data.

Anda bisa menambahkan logo perusahaan pada flash drive ini dengan membuat desain bentuk unik yang diustom menyerupai kendaraan, hewan, tumbuhan dan sebagainya. Pastinya souvenir kantor flashdisk akan berguna untuk jangka panjang sehingga kerberadaanya sebagai merchandise perusahaan terus eksis sampai sekarang.

16. Charger Portabel/Power Bank

Di zaman yang serbag canggih, dengan kemajual teknologi digitala hampir semua orang memiliki ponsel. Charger portabel atau power bank menjadi pilihan souuvenir dan merchandise perusahaan yang fungsionalitas. Membantu seseorang ketika berpergian dalam mengisi daya ponsel dengan mudah.

Anda bisa membuat souvenir eksklusif power bank dengan emboss dan logo branding perusahaan yang menarik. Selain bermanfaat tentunya souvenir promosi kantor akan semakin berkesan.

17. Corporate Gift Set

Penting untuk memilih corporate gift set yang relevan dan berguna bagi penerima, kemudian souvenir sesuai acara kantor yang diselenggarakan untuk meningkatkan nilai-nilai perusahaan. Selain itu, pertimbangkan juga peraturan dan kebijakan hadiah dari perusahaan penerima, karena beberapa perusahaan memiliki kebijakan khusus tentang jenis dan nilai hadiah yang bisa diterima oleh karyawan mereka.

Corporate gift set, atau set hadiah korporat, adalah koleksi barang atau produk yang dikemas bersama-sama dan diberikan oleh perusahaan kepada klien, mitra bisnis, atau karyawan sebagai tanda penghargaan, ucapan terima kasih, atau bagian dari strategi promosi dan branding. Corporate gift set bisa berisi berbagai macam item, tergantung pada tujuan dan anggaran perusahaan. Berikut adalah beberapa contoh:

Pouch atau Dompet Kecil: Tas kecil atau pouch bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti menyimpan alat tulis, kosmetik, atau barang-barang kecil lainnya.

Fungsi Souvenir untuk Acara Kantor

Souvenir memiliki berbagai fungsi, tergantung pada konteks dan tujuannya. Berikut adalah beberapa fungsi umum dari souvenir:

  • Penghargaan untuk karyawan, staff, mitra bisnis dan pelanggan
  • Media promosi brand perusahaan untuk menarik klien, customer & peserta event
  • pemberian hadiah sebagai kenangan cinderamata untuk kunjungan tamu kantor
  • membentuk hubungan baik dengan lingkup yang lebih luas, untuk memperkuat relasi dalam konteks bisnis maupun personal.
  • media promosi yang berkelanjutan untuk mengenalkan brand perusahaan kepada orang banyak.
  • bisa menjadi hadiah di acara sosial berupa charity sebagai wujud peduli perusahaan pada lingkungan sekitar
  • mencerminkan citra profesional perusahaan

Alasan Menggunakan Souvenir Kantor Untuk Strategi Bisnis

Memanfaatkan media souvenir sebagai promosi bisnis merupakan strategi marketing perusahaan yang biasa dilakukan, disamping itu perlu memaksimalkan manfaat souvenir untuk meningkatkan bisnis perusahaan.

Souvenir bisa meningkatkan loyalitas pelanggan, klien dan investor untuk memperkuat hubungan kerja yang telah dibangun. Kemudian perusahaan anda akan memberikan kesan positif terhadap orang yang terlibat dalam bisnis, dan meningkatkan citra perusahaan di mata mereka.

Tips Memilih Souvenir Kantor Yang Cocok Untuk Media Promosi

Agar tidak salah pilih souvenir kantor untuk kebutuhan media promosi, perlu diperhatikan beberapa tips berikut ini, sebagai pertimbangan strategi pemasaran:

1. Menyesuaikan target

Prioritaskan pemilihan merchandise perusahaan sesuai dengan target audience yang akan hadir di acara kantor. Souvenir yang sesuai akan memberikan kepuasan pada pelanggan, mungkin akan tepat menggunakan souvenir eksklusif pada acara yang formal dan begitu sebaliknya.

2. Harga souvenir masuk dalam anggaran

souvenir yang bagus yaitu sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan. Jika ingin mendapatkan harga merchandise dan souvenir promosi yang murah, bisa mensiasati dengan memesan model merchandise yang seragam.

3. Mencerminkan brand dan Image perusahaan

Setelah menentukan anggaran souveinr, pilih jenis merchandise promosi yang sesuai dengan desain logo, tulisan dan pesan yang dibawa pada souvenir agar mewakili citra perusahaan dengan baik di mata mitra bisnis atau pelanggan.

4. Praktis dan Bermanfaat

Apapun jenis souvenir kantor yang diberikan akan lebih dihargai di aktivitas keseharian, jika bermanfaat dan mudah digunakan. Beberapa souvenir kantor yang praktis dari segi bentuk yaitu alat tulis, tas pouch, tumbler dan gantungan kunci.

5. Berkualitas

Kualitas bisa menjadi hal utama untuk jenis hadiah perusahaan eksklusif, karena biasanya diberikan pada event kantor formal. Jika memilih souvenir berkualitas rendah tentunya akan mudah rusak, dan berpengaruh pada promosi merk perusahaan yang negatif bagi penerima souvenir.

6. Model Unik dan Bernilai Eksklusif

Memilih souvenir yang unik akan membuat promosi perusahaan anda menonjol dibandingkan perusahaan pesaing. Ditambah souvenir kantor bernilai eksklusif membuat penerima souvenir berkesan dan memudahkan untuk mengingat brand bisnis anda.

7. Pilihan souvenir ramah lingkungan lebih baik

Isu lingkungan alam yang mendunia terus dikaitkan dengan produksi limbah pabrik yang sukar didaur ulang seperti plastik, styrofoam, kain dan sebagainya. Industri bisnis souvenir turut andil akan hal tersebut, sehingga akan lebih baik jika memilih souvenir kantor ramah lingkungan dengan bahan mudah didaur ulang seperti kulit asli. Pilihan produk souvenir kulit seperti tas kulit, binder kulit, id card kulit dan lainnya.

Ingatlah bahwa setiap pilihan souvenir kantor yang terbaik adalah sesuai dengan kebutuhan, anggaran dan tentunya bermanfaat untuk penerima. Jika ingin mencari souvenir kantor eksklusif sebagai media promosi perusahaan, anda bisa mengkonsultasikan jenis produk yang dibutuhkan, di Haikiindonesia.